SMP Labschool Cibubur Juara Folklore Internasional, Les Etoiles de Paris dan Prague Stars

 

Tim Danadyaksa Budaya SMP Labschool Cibubur kembali menorehkan prestasi gemilang di kancah internasional. Tim yang beranggotakan 10 orang penari, 4 orang pemain musik, dan didukung oleh 1 orang perwakilan guru, 1 orang pelatih tari, dan 1 orang group leader ini berhasil memenangkan perlombaan First Prize dalam kompetisi Etoiles de Paris, 31 Oktober 2023. Jumlah peserta dalam kompetisi ini sejumlah 104 peserta yang berasal dari berbagai negara.

Lalu pada tanggal 3 November 2023, tim Danadyaksa Budaya SMP Labschool Cibubur kembali memenangkan Juara Umum Grand Prix dalam kompetisi The 38th Prague Stars (Traditional Folk Dance, Music, And Singing) 2023 di Praha, Republik Ceko. 

Pada kompetisi ini, tim Danadyaksa Budaya SMP Labschool Cibubur menampilkan tarian Torang Papua. Tarian ini mencerminkan slogan semangat kebersamaan masyarakat di Papua. Komposisi tari dan musik ini mengeksplorasi kearifan lokal untuk mendorong generasi muda memberikan kontribusi positif bagi masyarakatnya dan menunjukkan semangat generasi muda untuk membangun Papua (Indonesia). Dengan tujuan untuk mencintai dan melestarikan budaya daerah.

Kepala SMP Labschool Cibubur, yaitu Bapak Mokhamad Taufiq, M.Pd. mengucapkan rasa syukur dan bahagia kepada tim Danadyaksa Budaya SMP Labschool Cibubur yang telah menampilkan pertunjukan terbaik dan kerja kerasnya, sehingga berharap dengan prestasi yang diraih ini menjadi inspirasi serta kebanggaan kita terhadap budaya Indonesia.

Selain itu, Ibu Astuti Tri Bawati, S.Pd., selaku perwakilan guru yang mengantarkan Tim Danadyaksa Budaya mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan yang sangat bermanfaat. Selain untuk menjaga dan melestarikan budaya daerah, kegiatan ini juga menjadi ladang baginya dan anak-anak untuk belajar tentang kemandirian, tanggung jawab, dan kebersamaan. "1,5 bulan latihan, 10 hari perjalanan merupakan waktu yang cukup singkat tapi banyak sekali pengalaman yang sangat berharga yang dapat dijadikan pembelajaran dan dikenang selamanya," ujar Ibu Astuti.

Tim Danadyaksa Budaya SMP Labschool Cibubur juga mendapatkan apresiasi dari KBRI Paris dan KBRI Praha, yang secara langsung disampaikan saat tim Danadyaksa Budaya melakukan kunjungan ke kantor Kedutaan Besar Republik Indonesia di Paris dan di Praha. Ibu Yuni Rizalina, selaku Head of the Press and Socio-Cultural Affairs KBRI Praha, yang juga menyaksikan langsung penampilan tim Danadyaksa Budaya SMP Labschool Cibubur menyampaikan kebanggaannya terhadap penampilan tim, memberikan semangat kepada anak-anak untuk terus melestarikan budaya bangsa di kancah Internasional.

Selain itu, Ibu Luh Anik Mayani Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Paris, ditemui di kantor Kedutaan Besar Republik Indonesia Paris, mengatakan bahwa Indonesia adalah negara yang memiliki kekayaan budaya, maka dari itu kita sebagai bangsa Indonesia patut bangga dan turut mencintai serta melestarikan budaya itu dengan cara memperkenalkannya ke mancanegara. Apresiasi juga didapatkan dari seluruh elemen yang terlibat, yaitu juri-juri, penonton, dan peserta lain.

Keberhasilan Tim Danadyaksa Budaya ini tentunya menjadi kebanggaan bagi seluruh keluarga besar SMP Labschool Cibubur. Semoga prestasi ini dapat menginspirasi siswa-siswi SMP Labschool Cibubur lainnya untuk terus berprestasi dan mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional.