Oleh Ukim Komarudin
Rasa bangga adalah salah satu potensi yang terdapat di dalam jiwa manusia, yaitu merasa senang, lega, puas (feeling of satisfaction ) yang muncul dalam hati seseorang sebagai reaksi atas keberhasilan setelah melakukan sesuatu perbuatan, sehingga mencapai tujuan, atau memperoleh hasil yang berkenan di hati dan pikirannya.
Rasa bangga ini adalah benih tumbuhnya rasa persatuan dalam kesatuan dan rasa kesatuan dalam persatuan, yang biasa dikenal dengan istilah “Esprit d’Corps” atau dialih bahasakan menjadi “jiwa korsa”. Bahkan, dalam salah satu hasil penelitian menyebutkan bahwa rasa bangga (pride) menunjukkan pengaruh yang paling tinggi terhadap keterikatan seseorang pada organisasi tempat dirinya hidup.
Rasa bangga yang otentik merupakan emosi positif dan berperan penting di dalam kehidupan psikologis manusia. Perasaan bangga yang otentik tersebut berkaitan dengan konteks etika bekerja yang baik, terdapat penguatan (reinforcement) dan banyak perilaku prososial, perilaku untuk meraih suatu tujuan, dan tumbuhnya makna diri (self-worth). Rasa bangga otentik sebagai emosi positif akan terjadi bilamana individu menemukan representasi dirinya (terutama organisasi) sesuai identitas dirinya, sesuai dengan apa yang diinginkannya, dan akan mengarahkan individu untuk melakukan hal-hal yang bersifat altruistik.
Keberhasilan penanaman rasa bangga di Labschool Cibubur dapat dirasakan apabila para guru atau pimpinan menyapa warga Labschool. Cobalah Anda menyapa anak-anak Labschool dengan kata-kata, “…dan anak-anakku yang saya sayangi dan banggakan!” maka, dengan serta merta akan kita dapatkan jawaban serentak yang mengekspresikan rasa bangga, “Labschool!” Demikianlah setiap kata itu diucapkan, semakin rasa bangga itu menguat di dada segenap warga Labschool.
Rasa bangga juga telah berhasil dihadirkan dalam bentuk yang lain. Jika kita mendengar lagu ”Halo-halo Labschool” atau “Anak Labschool Keren”, maka kita menyadari lagu itu pun menjadi penyemangat kala anak Labschool bertanding, berjuang, maupun berlatih. Untuk beberapa generasi, lagu tersebut kerap dinyanyikan sebagai penghimpun rasa bangga, penyemangat, penghalau rasa gentar ketika menghadapi lawan, pemersatu, dan untuk selebrasi. Simak lagu “Anak Labschool Keren” yang memunculkan rasa bangga betapa menjadi warga Labschool merupakan dambaan setiap orang.
Anak Labschool keren-keren
Putra-putrinya beken-beken.
Dari Sabang sampai Kranggan
Semua orang pasti pengen
Masuk Labschool yang terkeren.
Tentu rasa bangga juga dirasakan oleh setiap warga Labschool ketika warga Labschool merasakan bahwa dirinya merupakan bagian dari sesuatu yang besar. Tengoklah kegiatan Family Gathering Satu Labschool atau yang dikenal dengan “One Labs” mendapatkan sambutan luar biasa dari segenap warga Labschool. Bahkan, para alumni dari tiga Labschool baik Jakarta, Kebayoran, maupun Cibubur turut serta dalam kegiatan yang menumbuhkan rasa bangga itu.
Yang paling penting dijaga dan dipupuk dari kesemua kegiatan yang menumbuhkan rasa bangga adalah setiap insan Labschool hendaknya tahu betul sejarah lembaga yang dicintainya. Memahami atas kiprah dan beragam jasa Labschool yang telah ditorehkan melalui para pakar Pendidikan yang telah terlebih dahulu menginfakkan diri dan pikirannya bagi masyarakat Pendidikan.
Pemahaman akan sejarah Labschool yang senantiasa turut andil dalam pembaruan pendidikan nasional pada bagian selanjutnya memang butuh kesadaran dari para pelanjut kepemimpinan di Labschool. Pemahaman sejarah semestinya bukan berhenti pada rasa bangga terhadap masa lalu yang telah berhasil berkontribusi dalam pembaruan pendidikan. Rasa bangga yang bermakna bagi para penerus apabila sejarah yang membanggakan itu telah berhasil menjadi pemicu untuk mampu meningkatkan eksistensi diri dan lembaga menjadi garda terdepan dalam beragam pembaruan pendidikan. Sejarah akan sangat bermakna apabila mampu memicu pribadi maupun lembaga untuk mengambil peran meneruskan estafet kepemimpinan para pendahulu yang senantiasa menyumbangkan pemikiran demi kemajuan pendidikan Indonesia.
Berdasarkan hal di atas, menjadi insan pendidikan di Labschool Cibubur sesungguhnya memiliki tuntutan moral untuk memberikan andil kualitas kepada lembaga khususnya, dan masyarakat Indonesia pada umumnya. Bergegas menjadi lembaga setara dengan dua Labschool sebelumnya yang telah menorehkan nama baik dalam lingkup pendidikan Indonesia maupun dunia.
Kini, Labschool Cibubur sendiri sedang memotivasi dirinya memberdayakan segenap SDM untuk sebuah kesempatan menempatkan diri dalam posisi tertinggi di lingkungannya (Bekasi dan Jawa Barat), sehingga kebanggaan yang tumbuh bukan sebatas hasil menerima anugrah dengan mendompleng nama besar dari dua Labschool sebelumnya, tetapi keberhasilan menunjukkan jati diri dengan memberikan andil layanan terbaik dalam pendidikan.